Minggu, 14 Juli 2013

KEISTIMEWAAN SURAT AL-FATIHAH


Keistimewaan Surat al-Fatihah


Di bulan ramadhan yang penuh barakah dan penuh dengan rahasia-rahasia kebaikan ini. Penulis mencoba sedikit mengukapkan keistimewaan-keistimewaan dari surat al-Fatihah. Di bulan yang Allah agungkan dan bulan yang Allah suci ini, banyak sekali rahasia-rahasia kebaikan oleh Allah SWT dilipat gandakan kebaikannya serta Allah berikan kepada siapa saja yang mau menjalankan ibadah puasanya kerena semata-mata Iman dan mengharap ridha Allah SWT. Mudah-mudahan dengan memahami dan mengamalkan surat al-Fatihah kita bisa mendapatkan rahasia-rahasia kebaiakan di bulan suci ini.

Salah satu keistimewan surat al-Fatihah diantaranya ialah al-Fatihah menjadi bacaan wajib pada tiap-tiap rakaat sholat, baik itu shalat wajib maupun sunnah. Jika shalat tanpa membaca surat al-Fatihah tiap-tiap rakaatnya, maka shalat tersebut menjadi tidak “syah” shalatnya. Dan berikut ini adalah sedikit keterangan-keterangan yang menjelaskan keistimewaan-keistimewaan surat al-Fatihah.

Berawal dari keterangan hadits Rasulullah SAW, secara global menjelaskan bahwa setiap huruf al-Quran memiliki kebaikan. Membaca satu huruf al-Quran minimal pembacanya akan mendapatkan pahala dua hingga sepuluh tergantung kualitas bacaan dan pemahamannya. Kesemuanya itu, bisa diketahui keistimewaannya melalui jalur yang diyakini kebenaran bersumbernya dari sabda-sabda Rasulullah SAW dan Imam-imam yang terpercaya, serta selain itu juga dari tabi'in-tabi'in. Dan begitu juga dari pengalaman-pengalaman spiritual ulama shalafu-ashalih.

Keterangan dalam kitab Tafsir Ruh al-Bayan 4:487, diungkapkan sebuah riwayat dari Imam Ja'far bin Muhammad dari ayahnya dari kakenya sampai kepada Rasulullah SAW, beliau bersabda; “Ketika Allah SWT menurunkan al-Fatihah, Ayat Kursi, Syahidallah, dan Qulillahumma Malikal Mulki; semua ayat ini bergantung di 'Arasy, tidak ada penghalang diantaranya dengan Allah. Semua ayat tersebut berkata; “Tuhanku Engkau menurunkan kami kekampung yang penuh dengan dosa, kepada orang yang menetang-Mu, padahal kami bergantung di atas kesucian-Mu. Allah SWT, berfirman: “Demi keagungan-Ku dan kemuliaan-Ku, jika seorang hamba membaca kamu sesudah sholat, Aku akan menempatkan dia di surga Fidaus, Aku akan perhatikan dia dengan mata-Ku yang terpelihara setiap hari tujuh puluh pandangan, Aku akan penuhi setiap hari tujuh puluh kebutuhannya, paling sedikit adalah ampunan-Ku. Aku lindungi dia dari musuh, Aku akan membelanya, tidak ada yang mencegahnya masuk surga kecuwali kematin yang memastikanya masuk surga.

Keterangan dalam kitab Tafsir Majma' al-Bayan, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW, bersabda: “ Siapa saja yang membaca surat al-Faihah seolah-olah ia membaca sepertiga (2/3) al-Quran dan akan diberi pahala seperti itu dan seolah-olah dia bersedekah kepada setiap mukmin laki-laki dan mukmin perempuan. Sungguh sangat menakjubkan jika bacaan al-Qurannya berkulitas, maka nilai bacaan al-Qurannya setara dengan telah membaca sepertiga al-Quran.

Keterangan hadits dari Abu Bakar as-Shidiq ra, beliau berkata; “Demi Allah yang Maha Agung, Rasulullah SAW, pernah bersabda kepadaku: “Demi Allah yang Maha Agung: “Mikail berkata kepada-Ku: “ Demi Allah yang Maha Agung: “Jibril berkata kepadaku: “Allah berfirman: “Wahai Isrofil ! Demi keagungan-Ku, kederwanan-Ku, kemurahan-Ku, siapa saja yang membaca “Bismillahi ar-Rahmani ar-Rahim bersambung dengan surat al-Fatihah satu kali dengan satu nafas maka saksikanlah bahwa Aku mengampuninya, menerima kebaikan-kebaikanya, melupakan kejelekan-kejelekannya, Aku tidak akan membakar lidahnya dengan api neraka, Aku lindungi dari siksa neraka, dan siksaan pada hari kiamat, serta dia akan menemui-Ku sebelum para Nabi dan Wali-wali”.

Keterangan hadits yang diriwayatkan Hasan bin Ali; pada suatu hari, serombongan kaum Yahudi datang menemui Nabi Muhammad SAW, diantara pertanyaan mereka adalah; “Beritahukan kepada kami tujuh hal yang Allah berikan kepadamu dan tidak diberikan kepada Nabi yang lain. Allah berikan kepada ummatmu yang tidak diberikan kepada ummat-ummat terdahulu. Nabi Muhammad SAW bersabda; “Allah memeberikan kepadaku: 1). Al-Fatihah, 2). Azan, 3). Shalat jama'ah di masjid, 4). Hari jum'at dan shalat jum'at, 5). Menjaherkan tiga shalat (Shalat subuh, Maghrib dan Isya), 6). Keringannan bagi ummatu yang sakit dan safar serta shalat jenazah, 7). Syafaat bagi pelaku dosa besar.

Demikianlah seklumit keterangan dan penjelasan tentang keistimewaan-keistimewaan surat al-Fataihah. Keterangan tersebut tidak diragukan lagi kebenarannya dikarenakan keterangan tersebut bermuara kepada orang yang sangat terpercaya dimuka bumi ini, yakni baginda Rasulullah SAW yang telah menjadi panutan ummat manusia dan yang menjadi kekasih Allah SWT.


Waallahu a'lam bishawab.

Wassalam,
Amjad Amin, Bekasi, Indonesia 2013
http://amjadamin9.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan