Minggu, 12 Mei 2013

DI BALIK BASMALAH ADA HIKMAH

Di Balik Basmalah Ada Hikmah


Melazimkan untuk mengucapkan Bismillahi (Dengan menyebut nama Allah Swt) adalah merupakan printah Allah kepada seluruh makhluk-Nya yang bernama manusia, yang hidup di muka bumi ini. Manusia sebagai Hamba Allah Swt, wajib menjalankan aktivitas-aktivitas dengan membaca Bismilah karena di balik hal tersebut ada Hikmah dan Rahmat Allh Swt. Ditempatkannya Bismilah ( Bismillahi ar-Rahmani ar-Rahim) pada permulaan tiap-tiap surah ada hikmahnya yakni memiliki arti sebagai berikut:

Kitab suci al-Quran itu adalah khazanah Ilmu Ilahi yang tidak terbantahkan oleh sains dan teori-teori ilmu pengetahuan. Al-Quran kalam yang mulia tersebut tidak dapat disentuh tampa karunia khusus dari Tuhan, “Tiada boleh orang menyentuh al-Quran, kecuali mereka yang telah disucikan” (56: 80). Jadi, Bismillahi telah ditempatkan pada permulaan tiap-tiap surah untuk memperingatkan orang-orang Muslim bahwa, untuk dapat masuk khazanah Ilmu Ilahi yang termuat dalam al-Quran dan untuk mendapatkan faedah darinya ia hendaknya mendekatinya bukan saja dengan hati suci, melainkan ia harus pula senantiasa mohon pertolongan Tuhan Yang Maha Kusa atas segala sesuatu.

Bismillahi ar-Rahmani ar-Rahim itu, mempunyai pula tujuan penting yang lainnya. Bismillahi juga ialah sebagai kunci bagi arti dan maksud tiap-tiap surat, karena segala persoalan mengenai akhlak dan rohani, dengan yang satu atau lain cara, ada pertaliannya dengan dua sifat Ilahi Rabbi yang pokok, yaitu Rohmaniyah (Kemurahan) dan Rahimiyah (Kasih-Sayang). Jadi tiap-tiap surah pada hakekatnya, merupakan uraian terperinci dari beberapa segi sifat-sifat Ilahi Rabbi yang termuat dalam Bismillahi tersebut. Demikianlah sedekit uraian Di balik Basmalah ada hikmah, mudah-mudahan ada manfaatnya wabil khusus bagi penulis dan umumnya pemaca yang budiman.

Waallahu a'lam bishawab.

Wassalam,
Amjad Amin, Bekasi, Indonesia 2013

1 komentar:

Amjad Amin mengatakan...

basmalah adalah memang sudah seharusnya amalan yang tidak boleh ditinggalkan...

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan